Rabu, 16 Oktober 2013

AGAR MESIN MOTOR CEPAT DINGIN

Kali ini akan membahas tentang Mesin Motor agar cepat dingin saat digeber/suhunya terjaga stabil.

  • Ada beberapa macam pendingin mesin dalam motor bawaan pabrikan.seperti :


  1. Pendingin Udara ,sering dijumpai di motor bebek dan beberapa motor bermesin sport juga ada
  2. Pendingin Oli/Oil Cooler biasa dijumpai dimesin ber cc lumayan besar
  3. Radiator/Pendingin air biasa dijumpai di motor Underbone/Sport
  4. Pendingin didalam mesin di sekitar Kruk As
  5. Twin-Cooled dimotor cc besar yang harganya mahal
Disini saya cuman membahas singkat saja pendingin bawaan pabrikan,karena mau membahas cara yang lain,sepengetahuan saya saja ya.Boleh percaya boleh tidak.
  • Pendingin Udara
Sering dijumpai sirip yang berbentuk bergelombang secara teratur,bersihkan sirip yang biasa terletak di silinder blok tersebut. Jangan sampai kotor apa lagi sampai menggumpal
  • Radiator / Pendingin Air
Biasa ditemui di motor underbone / sport,dibuat lubang di dinding silinder agar bisa untuk lewat air,fungsi air untuk menyerap panas
  • Oil Cooler
Memasang seperti radiator dibagian depan mesin
  • Pendingin didalam mesin
Yang saya ketahui pendingin ini ada didalam mesin-mesin motor suzuki lama seperti tornado,satria 2 tak dll
  • Twin Cooled
Belum pernah lihat,cuman pernah baca dikoran.Ada air untuk mendinginkan suhu kepala silinder dan di bagian katup buang. Pendingin ini berada di Harlev Davidson dan BMW ,mirip tetapi HD dan BMW tak mau disamakan.Di BMW berada di BMW R1200GS.

Oke sekarang ke inti,bisa juga kok motor bebek diberi pendingin yang lebih murah alat-alatnya.Kalau di balap liar sih belum banyak yang menggunakan tetapi juga sering lihat.Pendingin tersebut berfungsi sebagai pendingin blog dan pendingin oli.Cara pemasangan cukup mudah,dan yang menjual pun juga sudah banyak.Saya sendiri juga tertarik untuk mengaplikasikannya ke kuda tunggangan agar dibuat jalan 5 km tidak panas banget dengan spesifikasi motor tune up.Oke inilah :
  1. Oil Breather System,saya sama sekali tidak tahu tentang artinya.Yang jelas kesimpulannya adalah di tutup oli bagian untuk pengisian oli menggunakan tutup yang biasa terbuat dari alumunium / karet,kalau itu sih sudah biasa.Tetapi dalam tutup lubang pengisian oli tersebut ada celah lubang lalu ada selang dan tabung.Tetapi juga ada yang tanpa tabung.Berfungsi untuk pernafasan agar suhu panas/hangat oli yang berada didalam blok bisa keluar
  2. Tutup Klep ada lubangnya,banyak yang sudah menjual part ini dipasaran harga beragam dari 50ribu hingga ratusan ribu fungsinya menurut saya sih sama dengan OBS yaitu untuk pernafasan. Dengan tutup klep biasanya tutup setelan klep bagian atas dilubangi lalu diberi selang
Nahh.sekian dulu pembahasan dari saya,terima kasih telah berkunjung. Sampai Jumpa kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar