Rabu, 16 Oktober 2013

Bore Up Honda Karisma atau Supra X 125


Halo,jumpa dengan saya.Kali ini saya akan membahas tentang Honda Karisma atau Supra X 125.Dengan melakukan Upgrade,Tune Up,Bore Up di motor saya yaitu Honda Karisma X 125D tahun 2006 awal ini.Di sektor mesin HKX dan HSX 125 ini tidak jauh berbeda,mungkin yang berbeda di bagian pengapian seperti CDI, dibagian Magnet juga sepertinya berbeda,dan dibagian lain-lain.Tetapi perbedaannya tidak terlalu jauh.OK,langsung ke ini aja deehhh
Dengan modal pas-pasan saya nekat mau mengerjakan motor saya ini,yang sering dicoba untuk balapan bersama teman-teman saya ini. Pertama dulu saya melakukan bisa dibilang tune up yaitu menghaluskan lubang porting IN dan EX,dan saluran masuk di bagian Intake Manifold.Lalu papas Blok Head.Nahh,itu langkah pertama saya dulu.Untuk biaya porting,papas Blok head sebesar 250.000 rupiah lebih,hanya itu yang saya ubah ,karbu dan apalah sebagainya masih standar ting tung.
Dulu sih digeber cuman dapet 115 itu aja susah banget.Cuman di akselerasi aja yang tambah enteng.Lalu ganti karburator Keihin PE 26,tapi gak tau PE beneran apa enggak,soalnya settingan gak bisa stasioner,maklum harga murah,efek harga murah busi jadi buorooosse,1bulan bisa ganti busi 4-6 kali,ya tapi busi tidak langsung dibuang,beberapa hari kemudian kalo gak punya uang ya busi lamanya masih bisa hidup.Masih belum puas ganti deh Piston Kaze os 100 (cc jadi 135cc) dan Papas Camshaft / Noken As. Dipercayakan kepada bengkel yang saya percayai,kolter nunggu 3 hari akhirnya jadi motor HKX kesayangan ane,habis 340 ribu+oli.Lumayan asik,motor jumping-jumping,dan top speednya waktu ditest di jalan gass poll dapet 130an lebuih,waktu ganti oli olinya bekas dalem mesin cuma tinggal 0,25 liter aja,cuma secangkir gelas.waktu jalan agak nurun juga pernah,tapi gak curam apalagi pake banget bisa bahaya,cuman agak nurun dikit aja,spedo meter motor HKX ane nyampe 138an,klep ane std bawaan motor dari 2006-oktober,kalo pingin ganti,ganti yang ukuran IN 25 EX 22 aja dah cukup.CDI std,knalpot std,maklum motor cuma buat harian nganter muter-muter ,liat balap liar (tapi juga kadang ikut),dan cari cewek (kalo ada yang mau). Dan penggantian part lainnya seperti :

  • Kampas Kopling TDR (Racing Series),kalo punya uang lebih bos bisa pake Kawahara/Daytona/BRT
  • Per Kopling CLD (Kompetisi) lumayan keras,tapi masih kerasan punya kawahara
  • Gear depan ukuran 13 belakang 36 (kejar lagi akselerasi buat trek 201 meter)
  • Karbu Keihin PE 26 abal-abal punya(sering keluar bensin dari moncong)
  • Intake Manifold HRP ukuran 28 mm
  • Gas Spontan Bungbon KW :D
  • Ban Depan FDR Flemmo 70/90 ,Belakang Mizzle Windaz XIR 2.25
Cuman kayak gitu abisnya sekitar 970.000 an rupiah. Tambah 30 ribu dapet 1 jt. Bisa buat beli CDI Rextor Adjustable new/Monster second tapi.Hihi.Ane pake oli Shell Advance AX5.Harga bersahabat tarikan bersemangat :).
Rencana pingin bangetnya   :

  • CDI Rextor Adjustable
  • Piston Sonic Klep 28/24
  • Ban IRC Eat My Dust - Mizzle Hydra
  • Karburator Keihin PWK 28 mm atau Kawahara PWK
  • Cilinder Blok Faito
  • Kruk As Faito
  • Knalpot Creampie atau GP atau WRX
  • Syukur-syukur kuat beli Ratio :D
Ngimpi dulu,direnovasi sedikit demi sedikit.Yang penting dijalan mengutamakan kepentingan bersama,kalau lagi balapan jalanan sepi.Kalau baru test performa juga nunggu jalannya sepi juga. :)


Sekian dulu,terimakasih sudah mampir Gan.





47 komentar:

  1. mantap gan. Minumannya pertamax or premium ?

    BalasHapus
  2. Gak pasti bro.Yang pasti sabtu-minggu pertamax

    BalasHapus
  3. Sharing ya bro, bukan maksud memamerkan, HK125X ane dapat 160 kpj dilintasan 800 m. Ane pake speedometer TDH. Cz speedometer asli HKX pasti mentok
    Ini spek ane:
    - Piston Blitz joy ukuran 56 merk NPP, ring piston NPR
    - Klep ukuran standar, tp ane pake yg berbahan titanium merk faito.
    - Per klep sonic
    - porting polish
    - karbu pwk 24 kawahara. Jetingnya dapat Main Jet 115, Pilot Jet 40, Power Jet 0,9.
    - noken as WRD semi kompetisi
    - koil yz125, CDI BRT dualband, busi TDR ballistic
    - gir sinnob 13-35
    - per kopling BRT (3 saja yg ane pasang)
    - bak kopling manual AHM supra x 125
    - kampas kopling TDR keramik
    - Ban FDR sport XR, belakang 100/80-17, depan 80/90-17
    - Oli motul multipower
    - Knalpot R9 New Mugello
    - 2 buah 9power
    - kop busi mio
    - bearing kruk as dan as roda, ane ganti dgn merk TDR
    - kopling tangan sistem hidrolik

    Itu spek ane bro, salam pencinta karisma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah speknya udah lumayan tinggi bro kalo buat harian. Koil,Cdi juga dah main. Ini punya ane juga baru siap-siap upgrade ke piston ukuran 58,cuma baru mikir aja biar dengan spek segitu bisa buat Touring dan mesinnya gak cepet panas.

      Salam

      Hapus
    2. Kalo pake gear depan 13 wajar bos kalo dapet 160, soalnya sensor spido jadi ngaco karena disetting pake gear 14 (lebih berat). Dulu saya spek standar pake gear 13-37 aja gampang banget dapet 130kpj. Dan kalaupun ganti spido sama yg aftermarket tetep aja ga akurat itu kecepatan, wong spido standar aja ga akurat dibanding gps. Hehe

      Hapus
    3. Kalo pake blitzjoy ganti gelas piston ga?

      Hapus
    4. Kalo pake blitzjoy ganti gelas piston ga?

      Hapus
    5. Boss motor saya pakai piston kz 53, 3 trus klep sonic 24 28, cdi brt, karbu pe28,noken kawahara sudah bubut, magnet sudah bubut, Masalahnya gigi 4 kosong boss nyedat, kayak gak bertenaga
      Apa solusi nya

      Hapus
    6. Magnetnya keentengan, karbu sama klep kegedean

      Hapus
  4. Bro ane masih awam ni pake karisma 125, mohon saran ni, ane mau model karisma ane jd karisma underbone tp ane pengen bore up ni motor buat harian+enak buat touring dan yg pasti gak boros bro..

    Mohon pencerahannya :)
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bore up ringan. Besarin diameter silinder blok,porting,papas noken as,ganti per kopling yang mau dorong dikit,ganti cdi,karbu reamer,setel main dan pilot jet nya. Aman buat touring gan.

      Terima Kasih sudah mengunjungi
      Salam

      Hapus
  5. Jangan kaya ibu2, asal liat merk racing langsung blingsetan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih masukannya master

      Salam

      Hapus
  6. Piston 58 bisa bro, asal ente pake merk fim yg ada lapisan teflonnya disisi piston. Trus yg plg penting olinya harus kental, agar dapat meredam panas.
    Jgn lupa buat saluran pelepas panas di lubang penutup oli, penutup klep, dan penutup gir tensioner. Agar hawa panas mesin cepat keluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Terima kasih atas masukan/sarannya masbro. Sudah ada beberapa yang saya aplikasikan. Cuma saya pake oli encer. Soalnya motor juga tidak pernah untuk pergi jauh. Terima kasih sudah berkunjung :))

      Hapus
  7. Maap suhu januar, total abis brp gan nett smw ny itu ?
    Gan utk parts2 ny bli ny dmn yah gan ?bengkel ny yg bagus wat ngebedah karisma ane dmn yah gan ,,,
    Mksh bnyk sblm ny

    BalasHapus
  8. supra x (2011) ane cuma modal servis rutin + CDI unlimiter, speedo nyentuh 125kmh .-.

    BalasHapus
  9. sorry bro mau nanya klo hsx 125 ane mau ganti piston kaze, pistonnya mesti dicoak dulu biar ga mentok klep atw ngga ??

    BalasHapus
  10. maaf melnceng om . motor supra x 125 saya kan baru ganti piston soal nya kmren knlpot nya berasap . tpi 2 bulan kemudian asap keluar lagi ..
    minta saranya enak nya ganti lgi yang ori apa yang merek lain :)

    BalasHapus
  11. Wehh... Ane mana paham Mesin Gan. Karisma saya serahkan ke temen saya orang R.A.T . Bilangnya Garap mesin bwt Touring, tp ttep sTandart ya ! Ane kena 1,6jut 2mnggu jadi. And.. Top Speed 130kpj Enteng di gigi 3. Gir standart 14:35 libas Pananjakan Bromo gigi 2-3 boncengan :D
    Salam one heart tetap berkarisma

    BalasHapus
  12. Kahrsma ane bsa buat kopling gk master..
    Kira2 biaya brp

    BalasHapus
  13. maaf gan mau nanyak nih ane punya supra 125 baru kmarin ganti oli trus olinya tinggal dikit bgt jadinya kluar asep lewat knalpotnya trus mau ane bore up buat harian tapi bisa kalah satria fu standar lah skarang cuma modal noken standar yang udh di bubut, kampas kopling TDR kramik gear depan 13 mm knalpot R3 yang segitiga,karbu keihin 26 mohon sarannya ya...

    BalasHapus
  14. numpang komentar. karisma ane 2005
    spek : seher NPP kit 58,5mm. setang NPP, kem std durasi 280, per klep sonic singel, cdi powermax dual, karbu pe 28 abal-abal, klep standar porting, bak kopling snd, per kopling smash 6 biji. lumayan lah buat ngejar fu.

    BalasHapus
  15. klo ane standart aje bro..
    piston sonic 58
    klep standar pabrik
    per kopling kcebong racing yg ane pake cuma 3
    karbu pe 28 ride it
    gir depan 15 blakang 36
    km tembus mentok di ratio 4 160km
    garapan sendiri harian bisa drag juga bisa...
    fu gue tes buntungan lewat bro..
    skrg lg gue lelang HKX 125 ane..minat wa aje 082113111010

    BalasHapus
  16. klo ane standart aje bro..
    piston sonic 58
    klep standar pabrik
    per kopling kcebong racing yg ane pake cuma 3
    karbu pe 28 ride it
    gir depan 15 blakang 36
    km tembus mentok di ratio 4 160km
    garapan sendiri harian bisa drag juga bisa...
    fu gue tes buntungan lewat bro..
    skrg lg gue lelang HKX 125 ane..minat wa aje 082113111010

    BalasHapus
  17. Numpang komentar, motor ane HSX 125 tahun 2007, spek piston blitz joy 56, klep sonic,pir kopling TDR ( pasang 3), bak kopling buat sendiri, kenalpot mitasi, karbu std, filter masih ada, noken as kem tpi tak terlalu xtrame, gir std

    Gitu aja udh bisa ngasepin FU
    Speedometer masuk 3 udh sampek 120, 4-nya blm pernah di coba sampe mentok, cz gk pernah pergi jauh

    BalasHapus
  18. Karisma ane per kopling racing belum kopling seher ozersize head bubut noken as bubut karbu pwk spek road race 130cc cdi brt tinggal kopling sama underbone gan karisma ane mah

    BalasHapus
  19. Karisma ane per kopling racing belum kopling seher ozersize head bubut noken as bubut karbu pwk spek road race 130cc cdi brt tinggal kopling sama underbone gan karisma ane mah

    BalasHapus
  20. klo pke piston 58/57 ganti boring gk ? mohon dibantu

    BalasHapus
  21. Lah pakai piston 56 udah dapat 140cc.
    Apa lagi 58, udah 150cc aja

    Tanya master..
    HKD 2004 piston kaze oz 75, papas noken panjangin nafas. Lainnya masih standar. Masalahnya kok cepet panas ya? Buat jalan 80-110 terus jarak 50KMan udah agak berat musti dinginin mesin dulu. Mohon bantuannya :D

    BalasHapus
  22. kalo settingab pj mj pe 24 di karisma ukuran brapa ya?

    BalasHapus
  23. kalo settingab pj mj pe 24 di karisma ukuran brapa ya?

    BalasHapus
  24. Gan,kalo hanya papas blok aja gmana gan,,

    BalasHapus
  25. Gan,kalo ane ganti klep tdr ama cam tdr,trus ane scrup deksel,
    Gmana pndapat ente gan

    BalasHapus
  26. Karisma pakek klep sonic kira2 habis brapa

    BalasHapus
  27. Karisma pakek klep sonic kira2 habis brapa

    BalasHapus
  28. Ane punya supra 125 injeksi 2009 baru modif kopling manual, per kopling full smash, per klep sonic, reamer tb 24,5mm, porting, final gear 14-39 buat ke top speed masih berat. Rencana mau papas noken, ecu ganti juken 3 sama knalpot creampie aja

    BalasHapus
  29. Modif lain Ban depan belakang fdr mp27 90/80 sama underbone aja 😆

    BalasHapus
  30. yang pasti klo mau bikin motor untuk harian jangan ekstrim, karna klo ekstrim itu bukan harian namanya tapi kompetisi


    piston 54 mm
    bak kopling set
    kampas kopling brt
    per kopling cld
    klep UK. Standar (cari merk racing)
    gear klo mau buat nanjak yg belakang naikin 2 mata cukup
    knalpot WRC
    per klep (aftermarket)
    noken as Kawahara K1 udah cukup

    klo ane sih gtu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang ukuran 54 itu pake seher apa ya ? Trus biaya nya abiz berapa semua dari mulai boring+harga seher pokok nya semua nya gan,punya saya suprax 125 baru oversize 150 noken as kawahara k1 magnet papas

      Hapus
  31. Om mau tanya kalau pake sehe kaze 200 kl buat harian g mesti ektrem apa z ni yg harus d rubah?

    BalasHapus
  32. Saran dong bro ane baru ngambil supra x125 yang thn 2005 ,biar lari nya enak di ganti apa nya yaa

    BalasHapus
  33. sharing ya gan, HSX 125 DD ane sket gara2 salah pake oli murahan hahaha
    jadi di oversize dah akhirnya...
    blm ane cb neh larinya gmana...
    ane baru ganti
    - piston kit dari FIM vario 125 53.4
    - connecting rod Daytona
    - bearing kruk as Faito (lite tech)
    - oli pake AHM SPX 1
    yg lain masih standar...karena kantong saku dan dompet sudah dalam ngoreknya alias cekak hihihi

    menurut agan gmn??? secara ane mw tanya barang x bisa sharing untuk nyantolin oil cooled buat supra biar oli tetap stabil ??

    BalasHapus
  34. Gan,klo bore up 200cc pake piston tiger kena abis berapa ya?tolong penceramahannya ya agan"...

    BalasHapus
  35. Gan motor saya baru piston kaze 0,50 karbu pe26 noken papas abal abal, kurang apalagi motor saya gan

    BalasHapus
  36. Gan motor saya baru piston kaze 0,50 karbu pe26 noken papas abal abal, kurang apalagi motor saya gan

    BalasHapus